Innalillahi, Baim Wong Berduka


Kabar duka datang dari Baim Wong. Salah satu sahabatnya, Budi, meninggal dunia. Baim mengunggah foto kenangan bersama Budi ke Instagram.

Dalam foto itu, keduanya terlihat sedang berada di sebuah restoran. Lewat unggahan itu pula Baim Wong menyampaikan ucapan duka untuk almarhum sahabatnya itu.

" Sahabat saya telah meninggalkan kita teman2nya dan juga keluarganya, ia tlah berpulang ke pelukan Allah SWT..," tulis Baim Wong dikutip Dream, Sabtu 27 Juni 2020.



Suami Paula Verhoeven ini mengaku sempat mendapatkan pesan dari almahum. Pesan WhatsApp yang ia terima membuatnya terdiam. Baim pun menunjukkan pesan pada unggahan foto di akun Instagram.

Dalam pesan itu, Budi mengaku kagum kepada Baim yang kerap melakukan aksi sosial, sebagaimana terlihat dalam konten YouTube. Budi menyebut aksi sosial di YouTube Baim Wong sangat menginspirasi.



" Sekarang lu in lagi hapening jadi pembicaraan di teman-teman komunitas bikets karena benar-benar natural dari hati katanya. Salut Im bawa inspirasi untuk berbuat kebaikan. Sukses terus ya Im saam buat keluarga," demikian pesan singkat Budy kepada Baim, sebelum meninggal.


1 dari 5 halaman
Bersyukur Bisa Menginspirasi
Baim bersyukur konten aksinya di YouTube menginspirasi orang lain. Dia mengaku sebenarnya tidak berharap mendapat pujian dari orang lain.

" Karena jujur..Mau diterima ataupun tidak..saya hanya melakukan apa yang ingin saya lakukan..Saya tidak pernah berharap akankah menjadi positif ataupun sebaliknya..Kalaupun itu menjadi positif dampaknya..Saya dan team akan sangat bersyukur.. Terima kasih mas budi ..Whatsupnya mas budi menjadikan motivasi yang positif buat saya kedepannya, Terimakaksih"  kata Baim.

Ayah Kiano Tiger Wong ini mengaku sedih kehilangan sahabat yang sangat baik. Ia tak lupa mendoakan almarhum agar mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT.

" Sedih ketika saya harus kehilangannya skrg.. Semoga dihapuskan segala dosanya, dan diterima semua amal ibadahnya.. Dan Semoga Allah mengabulkan nazar dia..Amin ya Allah..," tuturnya.


2 dari 5 halaman
Ingatkan Kematian
Lewat unggahan itu pula Baim Wong mengungatkan pengikutnya di Instagram tentang umur dan kematian. Menurt dia, kematian seseorang tidak ada yang tahu karena itu ia ingin warganet mengoreksi diti dan membuat tabungan di akhirat nanti saat ajal menjemput.

" Bosque..Ingatlah umur..Kapan saja kita bisa meninggal..Janganlah kita disibukkan dengan menilai org lain..Sibuklah mengkoreksi diri..Sibuklah dengan mempertanyakan..Bagaimana tabungan akhirat saya? Sudah cukupkah untuk bisa memasukkan saya ke surganya Allah? Dosa kita masih terlalu banyak," kata Baim Wong.


3 dari 5 halaman
Curhat Takut Tak Dapat Pahala, Baim Wong `Diceramahi' Aa Gym
Dream - Nama Baim Wong sebagai seorang Youtuber semakin terkenal setelah kanal Youtube miliknya meraih peringkat satu di Indonesia. Suami dari Paula Verhoeven itu memang aktif mengunggah video di kanal youtube Baim Paula yang kini memiliki 14,3 juta subscriber.

Meski bahagia dengan hasil dari kerja kerasnya, Baim Wong meminta seluruh rekan dan penggemar untuk selalu menegurnya saat melakukan kesalahan.

Di balik kesuksesan akun Youtubenya, Baim ternyata pernah menyimpan kekhawatiran saat pertama kali membuat channel Youtube tersebut. Kala itu, dia sedang membangun sebuah rumah untuk membantu orang yang membutuhkan. Ia khawatir jika videonya ditayangkan di youtube akan membuatnya menjadi riya.

Dalam sebuah video bersama pendakwah terkenal KH Abdullah Gymnastiar, Baim Wong pernah menceritakan kekhawatirannya atas apa yang sudah sering ia lakukan.

" Saya takut sebenarnya saya ga dapet apa-apa," curhat Baim Wong pada mubalig yang tenar disapa AA Gym itu.


4 dari 5 halaman
Baim Wong Minta Nasihat dari AA Gym
Baim juga meminta nasihat dari AA Gym agar semua aktivitasnya selama hidup bisa bernilai ibadah dan membantunya menjaga pahala amal kebaikannya.

" Yang penting dari sebuah amal itu ada dua hal, niatnya benar lillahi taala ikhlas. Yang kedua, caranya benar, hilang salah satu ga jadi amal" jelas AA Gym.

AA Gym sempat menyampaikan jika orang yang suka bersedekah termasuk sosok terkenal dan perbuatannya dilakukan agar menjadi inspirasi kepada orang lain, maka hal tersebut diperbolehkan.

" Intinya, kita berbuat baik tidak hanya saat diposting saja, kebaikan yang tidak di posting harus lebih banyak lagi," tambah AA Gym.


5 dari 5 halaman
Jangan Mengharap Pujian
AA Gym berpesan agar kebaikan yang dilakukan jangan sampai mengharapkan pujian dari orang lain.

" Jika kita membaca komentar pujian jadi senang dan menagih, lalu ketika baca komen negatif sakit hati, kita memang cari pujian berarti," nasihat AA Gym pada Baim Wong.

Baim Wong pun mengakui bahwa ia takut sekali menjadi riya akibat berbuat kebaikan.

" Kita dikenal orang itu bukan karena kehebatan kita, Tapi karena takdir Allah yang menguji dengan terkenal dan karena Allah menutupi aib jelek, kekurangan dan kesalahan kita." tutup AA Gym dalam diskusinya dengan Baim Wong